BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Jumat, 24 Juli 2009

BUKA LUWUR SUNAN MURIA

BUKA LUWUR SUNAN MURIA

MASJID SUNAN MURIA

Buka luwur sunan muria Merupakan tradisi ritual yang masih di lestarikan dan dilaksanakan setiap tahunnyaoleh masyarakat kudus dan sekitarnya.untuk mengirim doa dan mendapatkan barokah dari sunan muria .

Buka luwur sunan muria dilaksanakan pada tanggal 14/15 sura,sebelum upacara buka luwur sunan muria diawali dengan berbagai kegiatn antara lain : Pengajian, Menghafal al Qur’an , Kataman,Membuat klambu berwarna putih untuk mengganti klambu sunan muria.

Balam acara buka luwur telah disediakan ubarampu yang berupa nasi,daging kerbau atau kambing yang dibungkus dan potonan kain kelambu yang lama dan telah dimasukkan dalam bungkusan tersebut,kemudian jika telah selesai upaca Buka Luwur dibagikan kepada masyarakat.

Oleh masyarakat diyakini bahwa dengan melaksanakan upacara buka luwur akan mendapatkan barokah dari sunan muria, sedangkan nasi dan daging kerbau atau kambing dapat menyembuhkan orang sakit, kain klambu tersebut digunakan sebagai jimat untuk tolak balak.

Ziarah kubur sunan muria

Ziarah kubur makam Sunan Muria merupakan tradisi yang masih di lestarikan oleh masyarakat Kudus dan sekitarnya, dengan melaksanakan Ziarah kubur makan Sunan Muria masyarakat menyakini akan memperoleh karomah dan barokah dari Sunan Muria sehingga dapat terhindar dari mala bahaya dan selalu mendapatkan keselamatan, kesehatan,ketentraman dan kebahagiaan. Hari yang paling baik dalam berziarah kubur makam Sunan Muria adalah hari kamis Kliwon malam jum’at legi dan hari jum’at kliwon

0 komentar: